Henry Ford : Produk Berkualitas Identik ‘Kejujuran’

Kualitas berarti melakukannya dengan benar ketika tidak ada yang melihat. Begitulah kata  Henry Ford. Seorang industrialis Amerika, pendiri Ford Motor Company dan sponsor dari pengembangan teknik perakitan produksi massal.

Sikap dan pemikiran Henry Ford merujuk  pentingnya kejujuran. Keselarasan harga dan kualitas produk cukup penting untuk kepuasan konsumen.  Dalam hal ini, pembuat atau penjual produk bisa jelaskan  secara terbuka dan menyeluruh. Bisa dalam wujud testemoni; tekstual atau giat promo produk secara langsung.

Dilemanya ! Kebutuhan dan ekspetasi konsumen terus berubah. Begitu pula harga jual dan pelayanan yang tak bisa terabaikan sebagai aspek penting dari kualitas.

Dr. Kaoru Ishikawa pernah mengatakan, kontrol kualitas merupakan bagian upaya menghasilkan produk berkualitas yang ekonomis, berguna, dan selalu memuaskan bagi konsumen melalui pengembangan, perancangan, produksi, dan layanan.

Bisa dipahami bila secara umum, harga produk menunjukkan hubungan rasional dengan mutu produk. Artinya semakin mahal harga produk, semakin tinggi pula mutu produk. Mengingat, untuk hasilkan produk bermutu tinggi memerlukan biaya perancangan, perencanan, proses, dan pengendalian mutu yang tinggi pula. 

Sumber catatan Henri Ford, Dr. Kaoru Ishikawa dan lain-lain.

Lainnya