Ingat nasehat Henry Ford : Saat gagal, kamu hanya perlu memulai lagi dengan cara yang lebih cerdas.
Ada beberapa pelaku bisnis mengungkapkan, tahun 2025 ada potensi UMKM Bergerak tumbuh dan berkembang lebih baik. Beberapa faktor penunjang, melesatnya teknologi digital, perubahan gaya hidup dan kesadaran terhadap isu lingkungan.
Generasi muda atau siapa pun yang melek teknologi perlu mencermati realitas ini. Apalagi bsnis online telah merasuk dalam rutinitas hidup. ‘Kedigdayaan’ gadget tidak bisa diragukan dan terbukti menguatkan jangkau pasar dan memperkenalkan pad akonsumen baru.
Sisi lain, produk-produk UMKM relatif fleksibel dan menjanjikan. Mudah dan Cepat beradaptasi dengan kebutuhan pasar. Misalnya: bisnis makanan dan minuman. Kafe, warung kopi, atau kedai makanan memiliki daya tarik konsumen lebih.
Tantangannya ! Ketersediaan makanan-minuman sehat dengan kemasan menarik. Jajanan lokal kemasan modern juga bisa memiliki peluang diminati konsumen.
Peluang lain ? Jasa Digital. Tidak sedikit pelaku UMKM belum terbiasa jalankan bisnis online. Generasi Z melek teknologi pun semakin masif menawarkan jasa desain, pengelolaan media sosial atau pendampingan bisnis online. Tak usah ragu mencoba.
Henry Ford adalah seorang industrialis dan maestro bisnis Amerika. Sebagai pendiri Ford Motor Company, ia dianggap sebagai pelopor dalam membuat mobil terjangkau bagi masyarakat kelas menengah Amerika melalui sistem yang kemudian dikenal sebagai Fordisme.
(tac, berbagai sumber)