UMKM Perlu Lebih Berdamai dengan AI

Tahun 2025 dan realitas hari ini ! ‘Suka tidak suka’ telah terjadi beragam perubahan besar di arena pemasaran secara global. Semua pelaku usaha perlu berdamai dengan keadaan dan turut memanfaatkan AI dalam penetapan strategi pemasaran digital. Pelaku UMKM perlu mengadopsi realitas ini; agar bisa turut tinggal landas dalam persaingan usaha; tidak lagi tertinggal di landasan alias stagnan.

Perlu diyakini, dipahami dan disadari; AI memiliki peran dalam aktivitas pemasaran dan membantu para pelaku usaha menguatkan promosi atau pencitraan produk; lebih tepat sasaran. Plus mengedukasi pelanggan secara imersif dan efisiensi.

AI juga dapat dioptimalkan sebagai penopang mendekati konsumen berbasis data dan menetapkan inovasi dalam giat pemasaran; sebagai upaya pendekatan personal. Dengan AI, pelaku bisnis bisa mengenal dan memahami kebutuhan konsumen dengan memanfaatkan untuk ciptakan konten promosi atau pencitraan yang relevan demi meraih minat atau simpati konsumen. Plus mendapat umpan balik secara terbuka dan langsung. Adanya keterlibatan konsumen tentu dapat berimplikasi positif dalam rangka menjaga kesinambungan usaha.

Merujuk Ikhtisar AI ! AI bertujuan menciptakan sistem yang dapat berpikir dan bertindak seperti manusia, atau bahkan melampaui kemampuan manusia dalam beberapa tugas : menganalisis data, mengenali pola, dan membuat prediksi atau keputusan berdasarkan informasi sesuai realitas.. Ini cukup bermanfaat ! Diantaranya: tingkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas pelayanan. Namun perlu juga diperhatikan potensi dampak negatifnya. (*)

(dari berbagai sumber)

Lainnya